SUBHANALLAH.. Misteri dan Keajaiban Shalat Subuh !! Sebarkan Kepada Muslim Lainnya..

Di antara 5 waktu shalat, shalat subuh dinilai paling berat dilakukan karena seolah mengganggu lelapnya tidur malam kita. Dan detik-detik menjelang adzan subuh justru bertepatan dengan sedang pulas-pulasnya kita tidur, bahkan saat menjelang subuh kadang membuat kita merasa tidur lebih pulas dari jam-jam sebelumnya.

Namun dibalik perasaan berat yang terasa, ternyata shalat subuh memiliki misteri dan keajaiban yang luar biasa.
Menurut Abdul Rahman Haji Mohd Adil dalam bukunya yang berjudul " Sejarah dan Keajaiban Gerak dalam Shalat", dipaparkan dengan jelas apa saja rahasia besar di balik perintah shalat subuh menurut pandangan kesehatan, simak uraiannya sebagai berikut ;
Ada fakta yang menunjukkan bahwa shalat subuh bermanfaat karena dapat (1) mengurangi kecenderungan terjadinya gangguan kardiovaskular. 
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh pakar-pakar kesehatan, dikatakan puncak terjadinya serangan jantung sebagian besar dimulai pada jam 6 pagi sampai jam 12 tengah hari. Mengapa demikian? karena pada saat itu terjadi perubahan pada sistem tubuh dimana terjadi kenaikan tegangan saraf simpatis (istilah cina :Yang) dan penurunan tegangan saraf parasimpatis (fin).
Tegangan simpatis yang meningkat akan menyebabkan kita siap bekerja, tekanan darah akan meningkat, denyutan jantung lebih kuat dan sebagainya. Pada tegangan saraf simpatis yang meningkat maka akan terjadi penurunan tekanan darah, denyut jantung kurang kuat dan ritmenya melambat. Terjadi peningkatan aliran darah ke perut untuk mencerna makanan dan berkurangnya aliran darah ke otak sehingga kita merasa mengantuk, sehingga membuat kita ingin beristirahat.
Pada pergantian waktu pagi (mulai pukul 3 subuh) hingga waktu tengah hari, secara perlahan tekanan darah akan berangsur naik, sehingga terjadi peningkatan adrenalin yang mengakibatkan peningkatan tekanan darah dan penyempitan pembuluh darah dan meningkatkan sifat saling melekat antara sel darah pada waktu kita tidur (agregasi sel trombosit) sehingga kita ingin tidur terus.
Kemudian penelitian selanjutnya yang dilakukan oleh Furgot ,Zawadsky dan ignarro , menghasilkan fakta bahwa zat NO (Nitrit Oksida) dihasilkan oleh sel-sel dari dinding pembuluh darah bahkan disaat kita tidur, dimana funginya adalah untuk mencegah kecenderungan agregasi sel trombosit, sehingga rasa mengantuk hilang. Dan kadar NO dapat ditingkatkan dengan adanya wudhu dan shalat, apalagi jika disertai dengan perjalanan ke masjid ini sangat baik untuk (2) perlindungan diri kita terhadap serangan jantung.
Selain itu posisi ruku’ dan sujud juga dapat (3) meningkatkan tonus parasimpatis (yang melawan efek tonus simpatis). Dengan cara ini produksi NO dapat mengimbangi peningkatan kadar zat adrenalin yang dapat meningkatkan penyempitan pembuluh darah.
Subhanallah... ya Sobat Nida, ternyata begitu besar manfaat shalat subuh bagi kesehatan, dengan adanya shalat subuh maka tubuh kita tidak dipaksa terlalu kaget untuk langsung beraktivitas biasa, shalat subuh dapat memberi jeda bagi tubuh agar jantung lebih rileks menghadapi padatnya rutinitas harian yang dimulai pada pagi hari. Dan dengan adanya pemberian jeda itu, maka kesehatan jantung kita pun lebih terjaga.
Wallahu'alam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SUBHANALLAH.. Misteri dan Keajaiban Shalat Subuh !! Sebarkan Kepada Muslim Lainnya.."

Posting Komentar